Tampang

Peninggalan Sejarah di Balik Legenda: Jejak Misterius di Situs Candi Sukuh, Karya Seni Purbakala di Lereng Gunung Lawu

2 Jun 2024 09:40 wib. 306
0 0
Peninggalan Purbakala Candi Sukuh di Gunung Lawu
Sumber foto: Pinterest

Candi Sukuh merupakan salah satu peninggalan sejarah yang begitu misterius di Indonesia. Terletak di lereng Gunung Lawu, Candi Sukuh menjadi salah satu karya seni purbakala yang begitu menarik perhatian pengunjung. Tidak hanya dari segi keindahan arsitekturnya, namun juga karena berbagai legenda dan misteri yang mengelilingi situs ini.

Candi Sukuh diperkirakan dibangun pada abad ke-15, pada masa pemerintahan raja-raja Majapahit. Dengan letaknya yang tersembunyi di tengah hutan, candi ini menambah kesan misterius bagi siapapun yang mengunjunginya. Beberapa candi di Jawa, seperti Candi Borobudur atau Prambanan, memiliki kemegahan dan keindahan yang sudah tidak diragukan lagi. Namun, Candi Sukuh memiliki daya tarik tersendiri yang memikat para pengunjungnya.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik utama dari Candi Sukuh adalah legenda yang mengitarinya. Menurut legenda setempat, Candi Sukuh merupakan tempat untuk melakukan ritual keagamaan yang terkait dengan kesuburan dan kehidupan seksual. Hal ini terbukti dari relief-relief yang terdapat di dalam candi, yang menggambarkan berbagai adegan kehidupan seksual manusia dan hewan. Meskipun memang tidak ada bukti yang pasti terkait dengan ritual tersebut, namun legenda tersebut turut menambah kesan misterius dari Candi Sukuh.

Tidak hanya legenda, banyak juga misteri yang mengelilingi Candi Sukuh. Salah satunya adalah bentuk dari arsitektur candi itu sendiri. Candi Sukuh memiliki bentuk yang unik, berbeda dengan kebanyakan candi-candi Hindu-Buddha di Indonesia. Struktur candi yang menyerupai piramida dengan puncak yang meruncing menambah kesan misterius dari Candi Sukuh. Tidak hanya itu, terdapat juga relief-relief yang memperlihatkan berbagai simbol dan gambar yang masih sulit diinterpretasikan hingga saat ini. Hal ini menambah daya tarik dari Candi Sukuh bagi para peneliti dan pengunjung yang tertarik pada sejarah dan misteri-misteri purbakala.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Gedung Perusahaan
0 Suka, 0 Komentar, 23 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%