Tampang

Pemprov Jateng Ajukan Dataran Tinggi Dieng sebagai Geopark Nasional

24 Apr 2024 05:21 wib. 40
0 0
Pemprov Jateng Ajukan Dataran Tinggi Dieng sebagai Geopark Nasional
Sumber foto: Google

Peringatan Hari Bumi Sedunia tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di Wonosobo pada tahun ini membawa berita baik bagi pecinta alam dan keindahan geologi. Dalam peringatan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengumumkan rencana untuk mengajukan Dataran Tinggi Dieng sebagai Geopark Nasional. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mengakui nilai kearifan lokal dan keindahan alam yang dimiliki oleh daerah tersebut.

Status Dataran Tinggi Dieng saat ini masih merupakan geo-heritage, yang merupakan warisan alam yang memiliki nilai geologi, baik dari segi ilmiah maupun keindahan. Keputusan untuk mendorong Dieng menuju geopark nasional diharapkan dapat memberikan pengakuan internasional terhadap kekayaan alam dan kebudayaan yang dimiliki oleh Dieng.

Dieng sendiri memiliki keindahan geologi dengan terbentuknya dataran tinggi yang disebut Dieng Plateau. Dengan luas sekitar 40 km persegi, Dieng Plateau telah menjadi tujuan wisata populer bagi para pecinta alam dan peneliti geologi. Keberadaan Gunung Prau, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing juga menambah pesona alam Dieng yang menakjubkan.

Tak hanya keindahan alamnya, Dieng juga kaya akan sejarah dan kebudayaan. Terdapat kompleks candi Hindu kuno yang menjadi saksi bisu perkembangan agama dan kebudayaan di Indonesia. Selain itu, Dieng juga dikenal dengan tradisi unik seperti festival ritual untuk merayakan panen dan ritual tahun baru yang disebut sebagai "Ritual Labuhan".

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

14 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?