Tampang

Jadwal Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024: Persiapan Menuju Hari Raya Idul Adha

4 Jun 2024 15:21 wib. 44
0 0
Jadwal Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024: Persiapan Menuju Hari Raya Idul Adha
Sumber foto: Pinterest

Puasa Arafah dan Tarwiyah merupakan dua jenis puasa yang dilakukan oleh umat Muslim dalam rangka mempersiapkan diri menyambut hari raya Idul Adha. Kedua puasa ini memiliki makna dan hikmah tersendiri bagi umat Islam. Untuk itu, pengetahuan mengenai jadwal pelaksanaan puasa Arafah dan Tarwiyah sangat penting bagi umat Muslim, agar dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menjalankan ibadah tersebut.

Jadwal puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, dalam rangka memperingati hari Arafah. Sementara itu, puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah untuk mempersiapkan diri menjalankan ibadah haji. Dalam tahun 2024, kedua puasa ini diperkirakan jatuh pada tanggal 15 juni 2024 untuk puasa Tarwiyah dan 26 juni 2024 untuk puasa Arafah, mengikuti penanggalan Hijriah.

Puasa Tarwiyah memiliki makna persiapan fisik dan spiritual bagi umat Muslim yang akan menjalankan ibadah haji. Puasa ini mengajarkan kesabaran, kedisiplinan, dan ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu, puasa Tarwiyah juga menandai dimulainya persiapan umat Muslim yang akan melaksanakan ibadah haji, sehingga para jamaah haji dapat memasuki Tanah Suci secara bersih dan suci, juga siap secara fisik dan mental.

Sementara itu, puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim. Puasa ini dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bertepatan dengan hari Arafah di Tanah Suci Mekah. Pahala puasa Arafah sangat besar, di mana Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa umat Muslim yang menjalankannya di tahun yang lalu dan juga di tahun yang akan datang.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%