Tampang

Operasi Jarak Jauh di Asia Tenggara Sukses Dilakukan Pada Pasien Kista Ginjal di Bali

3 Sep 2024 18:51 wib. 59
0 0
Operasi Jarak Jauh di Asia Tenggara Sukses Dilakukan Pada Pasien Kista Ginjal di Bali
Sumber foto: Google

Teknologi operasi jarak jauh menggunakan robot atau telerobotik telah membuka pintu baru dalam dunia kedokteran. Kesuksesan operasi jarak jauh ini baru saja terjadi di Asia Tenggara, tepatnya di Indonesia, dengan dokter di Bali yang sukses melakukan operasi pada pasien yang berada di Jakarta. Pada Jumat (30/8/2024), teknologi ini membantu dokter menangani pasien yang mengalami kista ginjal, yang sebelumnya sulit diatasi karena jarak dan kendala lainnya.

Operasi jarak jauh menggunakan robot, atau telerobotik, adalah inovasi yang memanfaatkan teknologi untuk memungkinkan dokter di lokasi yang berbeda untuk melakukan operasi. Dalam kasus ini, dokter di Bali dapat mengendalikan robot yang ada di ruang operasi di Jakarta, sehingga operasi dapat dilakukan dengan presisi tinggi meskipun dokter dan pasien berada di lokasi yang berjauhan.

Penerapan teknologi ini memberikan banyak manfaat yang signifikan, terutama dalam konteks Asia Tenggara, di mana pelayanan kesehatan masih terkendala oleh jarak dan aksesibilitas. Pasien-pasien di daerah terpencil atau dengan fasilitas kesehatan terbatas dapat memperoleh perawatan medis yang berkualitas tanpa harus melakukan perjalanan jauh ke pusat kesehatan yang terkemuka.

Keberhasilan operasi jarak jauh pada pasien kista ginjal di Bali juga memberikan dampak positif terhadap pemerataan pelayanan kesehatan di Indonesia. Teknologi ini dapat mengatasi permasalahan terkait kesenjangan akses kesehatan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Pasien yang tinggal di daerah terpencil tidak perlu lagi merasa khawatir akan kualitas perawatan medis yang mereka terima, karena teknologi telerobotik memastikan bahwa mereka tetap dapat dioperasi oleh dokter terbaik di negara ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?