Tampang

Lihat Kuda Nil Kerdil Langka yang Lahir di Kebun Binatang Yunani, Mengapa Kelahiran di Penangkaran Sangat Penting

22 Mar 2024 21:14 wib. 99
0 0
Kuda  Nil Kerdil Langka yang Lahir di Kebun Binatang Yunani
Sumber foto: Google

Kelahiran kuda nil kerdil yang langka menunjukkan bahwa kesempatan untuk menyelamatkan spesies ini semakin meningkat. Minggu ini, seekor kuda nil kerdil yang langka lahir di Taman Zoologi Attica, Athena. Spesies ini terancam punah, sehingga kelahirannya menjadi peristiwa menarik bagi mereka yang berupaya membangun kembali populasinya. Ini juga merupakan kelahiran kuda nil kerdil pertama yang disaksikan kebun binatang ini dalam satu dekade.

Kurangnya kuda nil kerdil jantan di penangkaran terbukti menjadi tantangan bagi upaya repopulasi. Oleh karena itu, para penjaga kebun binatang dan para aktivis konservasi semakin gembira dengan kedatangan bayi baru-baru ini – namun belum disebutkan namanya – karena jenis kelaminnya. 

Peter Gros, pakar satwa liar dan pembawa acara Mutual of Omaha's Wild Kingdom , mengatakan kelahiran tersebut adalah "momen penting dan menarik" mengingat dampak yang ditimbulkan kuda nil ini terhadap seluruh spesies. “Kuda nil kerdil biasanya melahirkan seekor anak sapi setelah masa kehamilan sekitar 6 hingga 7 bulan, menjadikan bayi baru ini memberikan kontribusi yang signifikan” terhadap upaya repopulasi, jelasnya. Ada kegembiraan serupa baru-baru ini seputar kelahiran Mikolas , kuda nil kerdil jantan lainnya yang lahir pada bulan Desember 2023 di Kebun Binatang Dvur Kralove di Republik Ceko. 

Kuda nil kerdil berasal dari rawa dan hutan hujan di Afrika bagian barat, dan diperkirakan hanya sekitar 2.000-2.500 ekor yang tersisa di alam liar, kata Gros. Dengan hanya selusin kuda nil kerdil yang lahir di kebun binatang pada tahun 2023 – dan lebih sedikit lagi yang selamat – setiap kelahiran ini sangat penting dalam upaya untuk mengisi kembali spesies tersebut. Gros menjelaskan bahwa upaya pengembangbiakan kuda nil kerdil sangatlah rumit dan sensitif, dan bahwa "para ahli dan ahli biologi berusaha keras untuk memastikan hewan merasa aman dan nyaman di lingkungan yang mengingatkan pada habitat mereka sendiri". Dia mencatat bahwa karena sifat kuda nil kerdil yang menyendiri, hal itu bukanlah hal yang mudah. Untungnya, katanya, "ada banyak data dan ilmu pengetahuan – mulai dari pemantauan, pelacakan, dan pemeriksaan kesehatan" yang diandalkan oleh para ahli sehingga mereka dapat menciptakan habitat pengganti terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kuda nil.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

mega mendung
0 Suka, 0 Komentar, 2 Mei 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?