Tampang

Kemenag Akui Ada Ribuan Jemaah Haji Khusus Berangkat Tanpa Antre

10 Sep 2024 18:21 wib. 54
0 0
Kemenag Akui Ada Ribuan Jemaah Haji Khusus Berangkat Tanpa Antre
Sumber foto: Google

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) mengakui bahwa ada ribuan jemaah haji khusus yang berangkat haji ke Tanah Suci tanpa harus antre. Anna Hasbie, salah satu pejabat Kemenag, mengatakan bahwa jumlah tersebut mencapai 3.503 orang yang berangkat dan mendaftar pada tahun yang sama, yang dikenal dengan istilah "nol tahun" dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Anna menjelaskan, ribuan jemaah tanpa antrean ini sudah sesuai dengan regulasi yang ada. ada sejumlah jemaah yang menunda keberangkatan padahal sudah melunasi.Kemenag kemudian kembali tahapan pengisian sisa kuota sampai 12 Juni 2024. Sehingga muncul pendaftar yang langsung bisa berangkat tanpa harus antre bertahun-tahun.

Keberadaan jemaah haji khusus ini tentu menimbulkan kontroversi terkait dengan proses seleksi dan pembagian kuota haji di Indonesia. Para jamaah haji yang biasanya harus antre untuk mendapatkan kesempatan berangkat ke Tanah Suci merasa keberatan dengan adanya jemaah haji khusus ini. Mereka merasa bahwa pemerintah seharusnya memberlakukan sistem yang adil dan transparan untuk seluruh calon jemaah haji.

Menurut Kemenag, jemaah haji khusus ini terdiri dari berbagai golongan, seperti pejabat negara, tokoh agama, orang kaya, serta penyandang disabilitas dan lansia. Mereka mendapatkan fasilitas khusus berkat kerja sama dengan pihak travel haji yang memiliki kuasa untuk mengatur keberangkatan tanpa harus melewati proses antre seperti jemaah haji reguler.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Facebook masih Aman. PRISM masih Fiksi
0 Suka, 0 Komentar, 16 Apr 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?