Tampang

Bermain Ski di Gunung Etna, Gunung Berapi Tertinggi dan Teraktif di Eropa

22 Mar 2024 04:50 wib. 147
0 0
Bermain Ski di Gunung Etna, Gunung Berapi Tertinggi dan Teraktif di Eropa
Sumber foto: Google

Penggemar ski lokal Salvatore Rizzo bergabung dengan Cobo, Martis, dan saya dalam petualangan ini. Kami berkendara tidak jauh dari B&B ke tempat garis salju di Valle del Bove dimulai. Kami kemudian merakit peralatan tur ski kami: ski tipis dan ringan serta "kulit" sintetis yang dipasang pada dasar ski dan memberikan pegangan untuk bermain ski di tanjakan. Kami juga membawa transceiver longsoran salju, meskipun Martis meyakinkan kami bahwa kami tidak perlu menggunakannya. 

Saat kami menikmati ritme meditatif ski lintas alam melintasi Valle Del Bove, Rizzo menjelaskan hubungan unik antara Etna dan penduduk setempat yang hidup dalam bayang-bayangnya. "Kami punya cinta yang tidak masuk akal pada Etna. Terkadang dia tenang dan terkadang dia marah. Saat dia marah, dia bisa menghancurkan semua yang kami miliki, tapi kami selalu kembali," ujarnya. 

Letusan paling awal di Etna yang tercatat terjadi pada tahun 1500 SM, namun sejak November 2022, letusan tersebut telah terjadi empat kali – terakhir pada bulan Agustus dan November 2023 ketika letusan tersebut memuntahkan lahar panas ke udara, sehingga menutup sementara wilayah udara di atas pulau tersebut. Di kota Zafferana Etnea yang sepi, tempat B&B-nya berada, Cobo menunjukkan kepada kita bangunan-bangunan yang rusak akibat aliran lava pada tahun 2013. 

“Etna adalah peti harta karun bagi para ilmuwan vulkanik karena aktivitasnya yang intens memungkinkan kita mempelajari secara dekat proses internal gunung berapi,” jelas Sarah Booth, ahli vulkanologi yang tinggal di Etna Glo. “Informasi ini membantu kami menciptakan alat yang lebih efektif untuk memantau perilaku gunung berapi.”

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?