Tampang

Apa Itu Progeria, Penyakit Langka Penyebab Sammy Basso Meninggal

12 Okt 2024 18:56 wib. 62
0 0
Apa Itu Progeria, Penyakit Langka Penyebab Sammy Basso Meninggal
Sumber foto: Google

Penulis dan aktivis asal Italia Sammy Basso meninggal dunia pada Minggu (6/10/2024) pada usia 28 tahun, setelah menjadi penyintas terlama penyakit langka progeria. Kabar ini disampaikan Asosiasi Progeria Italia yang dia dirikan bersama orangtuanya melalui akun media sosial lembaga tersebut. Kehilangan Basso telah meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, teman-teman, dan komunitas progeria internasional.

Progeria, atau dikenal juga sebagai sindrom Hutchinson-Gilford, adalah penyakit genetik langka yang menyebabkan penuaan dini pada anak-anak. Pada orang-orang yang menderita progeria, proses penuaan tubuh terjadi dengan sangat cepat, sehingga anak-anak yang terkena progeria tampak seperti orang tua, bahkan pada usia yang sangat muda.

Kondisi ini disebabkan oleh mutasi genetik pada protein nuklear lamin A, yang berperan penting dalam mempertahankan integritas inti sel. Akibatnya, sel-sel tubuh menjadi tidak stabil dan mempercepat proses penuaan. Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang efektif untuk progeria, dan harapan hidup penderita biasanya hanya sekitar 13 tahun.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.