Tampang

10 Fakta Menarik Tentang Fungi: Jamur yang Mengubah Dunia

16 Jul 2024 09:50 wib. 147
0 0
10 fakta tentang jamur
Sumber foto: Pinterest

5. Produksi Makanan dan Minuman
Fungi digunakan dalam proses produksi makanan dan minuman. Proses fermentasi yang melibatkan fungi seperti ragi dan kapang digunakan dalam pembuatan roti, bir, keju, dan hasil fermentasi lainnya. Tanpa kontribusi fungi, kita mungkin tidak akan menikmati aneka makanan dan minuman yang telah kita kenal selama ini.

6. Penggunaan dalam Bidang Kedokteran
Selain produksi antibiotik, beberapa jenis fungi juga memiliki potensi besar dalam bidang kedokteran. Misalnya, jamur Cordyceps memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya.

7. Mycelium dan Jaringan Internet Alami
Mycelium merupakan bagian dari fungi yang berperan dalam menyerap nutrisi dan membentuk jaringan bawah tanah yang sangat luas. Struktur ini dikenal sebagai "jaringan internet alami" karena kemampuannya untuk mengirimkan nutrisi dan informasi antar tanaman dan fungi lainnya dalam ekosistem.

8. Pencemar Udara
Beberapa jenis fungi mampu menyebarkan spora yang dapat menjadi pencemar udara. Spora dari fungi dapat menjadi alergen yang menyebabkan reaksi alergi pada manusia apabila terhirup dalam jumlah yang besar.

9. Produksi Enzim
Fungi juga menjadi sumber produksi enzim yang digunakan dalam berbagai industri, seperti industri makanan, farmasi, dan kimia. Enzim-enzim yang dihasilkan oleh fungi memiliki peran penting dalam proses-produksi yang melibatkan reaksi biokimia kompleks.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Terungkap: Mengapa Air Terpercik?
0 Suka, 0 Komentar, 20 Agu 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?