Tutup Iklan
Tryout.id
  
login Register
Mungkinkah Stress bisa Picu Kolesterol Tinggi ?

Mungkinkah Stress bisa Picu Kolesterol Tinggi ?

20 Agustus 2017 | Dibaca : 616x | Penulis : Rahmat Zaenudin

Tampang.com - Pola hidup dan gaya hidup masyarakat sekarang, terutama masyarakat di perkotaan yang semakin ketat dalam persaingan baik di dunia kerja maupun usaha dapat memicu stress. Beban kerja dan persaingan usaha jika tidak diimbangi dengan pola makan sehat dan pola hidup sehat, akan menjadi masalah bagi kesehatan kita. Salah satu penyakit yang dapat dipicu akibat stress yang menimpa diri kita uaitu kolesterol.

Beberapa studi menyatakan bahwa orang-orang dengan tingkat stress yang tinggi akan memicu kolesterol jahat (LDL) menjadi meningkat dan kolesterol baik (HDL) menjadi turun. Namun demikian, hasil dari penelitian tersebut masih menjadi bahan perdebatan, karena banyak hal yang mempengaruhi kolesterol dalam tubuh kita. 

Seseorang dengan tingkat stress yang tinggi, jika memperhatikan pola makan sehat dengan menghindari makanan yang berlemak dan menambah konsumsi buah dan sayur akan dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jika seseorang mampu merespon tingkat stressnya dengan pola hidup sehat seperti menyempatkan diri untuk berolah raga, konsumsi obat kolesterol dengan rutin dan alami juga dapat menghindari kolesterol jahat meningkat dalam tubuh.

Sebaliknya, jika seseorang yang mengalami stress karena beban kerja dan usaha yang semakin sulit dalam bersaing, ditambah pola makan dan hidup yang tidak sehat, ini yang akan menambah meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Terkadang karena beban kerja yang menumpuk, orang memilih makanan cepat saji yang kandungan gizinya kurang diperhatikan dan saat libur kerja cenderung memilih beristirahat daripada olah raga atau refresing melepaskan penat.

Kecenderungan orang mengkonsumsi obat kolesterol juga biasanya hanya karena kolesterol dirasakan sudah naik dalam tubuh. Padahal dengan konsumsi obat kolesterol secara alami atau yang mengandung bahan herbal, kandungan kolesterol jahat bisa dikurangi.

Bagi anda yang sering berhadapan dengan pekerjaan yang memicu tingkat stress yang cukup tinggi, ada baiknya diperhatikan beberapa hal seperti berikut :

  • Luangkan waktu untuk berolah raga secara rutin, minimal seminggu sekali. Lakukan olah raga ringan agar tubuh juga tidak terlalu lelah.
  • Usahakan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang tidak berlemak, terutama gorengan, daging dan minuman bersoda.
  • Jangan menunda pekerjaan sehingga menjadi beban yang menumpuk pada pekerjaan anda.
  • Ajak teman atau rekan kerja untuk membantu memecahkan masalah yang anda hadapi jika masalah tersebut dirasakan terlalu berat.
  • Ajak keluarga untuk refresing dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang dapat membuat pikiran menjadi fresh kembali.
  • Kontrol secara rutin kadar kolesterol dan konsumsi obat kolesterol secara rutin jika anda seudah mengalami kadar kolesterol yang tinggi.

 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Usir Jauh Bau Mulut dengan Konsumsi 5 Hal Ini
15 Februari 2018, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Bau mulut bisa menjadi masalah bagi kepercayaan diri kita, selain itu juga mengganggu untuk orang lain. Karena bau mulut, kita menjadi tidak ...
Sri Mulyani disebut Norak oleh Rizal Ramli, Ternyata Ini Alasannya
6 Februari 2018, by Zeal
Tampang.com - Beberapa waktu yang lalu, Sri Mulyani Indrawati memberikan sindiran kepada Ketua BEM Universitas Indonesia yang memberikan kartu kuning untuk ...
Utarakan Kemarahan Anda Ternyata Buat Kamu Lebih Bahagia
21 Agustus 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Orang paling bahagia ternyata bukanlah orang yang tak pernah menunjukkan kemarahannya. Ungkapan ini adalah hasil dari temuan terbaru ...
Viral, 40% Para Fans Junghyun ikut Bunuh Diri
22 Desember 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Salah satu penyanyi K-pop Jonghyun ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya di Seoul selatan pada Senin (18/12/2017) sore. Sempat dilarikan ...
Anies Baswedan tidak akan Melarang Warga Luar Kota Ngadu Nasib di Jakarta, Asalkan.....
7 Juni 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Tradisi mudik lebaran yang dibarengi arus balik dengan membawa sanak saudara ke Jakarta atau kota besar lainnya sudah terjadi bertahun-tahun. ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab