Tampang

Wisata Religi Membangun Spiritualitas dalam Diri

25 Mei 2024 12:29 wib. 86
0 0
Masjid Raya Al-Jabbar

Wisata religi seringkali dianggap sebagai cara yang efektif untuk membangun spiritualitas dalam diri. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari kedamaian batin, memperdalam rasa keagamaan, dan meningkatkan hubungan dengan Sang Pencipta. Wisata religi memberikan pengalaman yang mendalam dan memungkinkan para pelaku untuk menemukan makna hidup dan merenungkan mengenai tujuan eksistensi manusia di dunia ini.

Di Indonesia, banyak tempat wisata religi yang menawarkan pengalaman yang unik serta membangun spiritualitas dalam diri. Salah satu tempat tersebut adalah Masjid Raya Al-Jabbar yang kini tidak hanya menjadi ikon baru Kota Bandung, tapi juga menjadi destinasi wisata religi yang sangat populer didatangi wisatawan di Jawa Barat. Masjid ini mulai didesain pada tahun 2015 oleh Ridwan Kamil dan diresmikan pada tahun 2022. Masjid seluas 26 hektare ini dihiasi 27 relung yang terbuat dari relief tembaga berupa motif batik yang mewakili tiap kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Masjid ini juga menjadi pusat edukasi dan wisata religi. Masjid Raya Al-Jabbar menjadi satu-satunya masjid di Indonesia yang memiliki pusat edukasi berupa museum dengan penggunaan teknologi digital terkini. Pada lantai dasar masjid ini berisi museum sejarah Rasulullah SAW, sejarah perkembangan Islam di tanah air, dan sejarah Islam. 

Tempat wista religi lainnya adalah Borobudur di Jawa Tengah. Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya untuk merenung dan mencari kedamaian batin. Para pengunjung dapat menikmati keindahan relief dan stupa yang melambangkan ajaran agama Buddha, serta merasakan ketenangan yang ada di sekitar kompleks candi ini. Kunjungan ke Borobudur tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang menarik, tetapi juga dapat membantu membangun spiritualitas dalam diri melalui keberadaan lingkungan yang suci dan tenang.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

opor ayam
0 Suka, 0 Komentar, 22 Mar 2024
Bercermin Yuk!
0 Suka, 0 Komentar, 18 Jun 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%