Tampang

Wisata Candi Kuno di Laos yang Menyaingi Angkor Wat di Kamboja, Tanpa Keramaian

1 Jun 2024 14:51 wib. 351
0 0
Wisata Candi Kuno di Laos yang Menyaingi Angkor Wat di Kamboja, Tanpa Keramaian
Sumber foto: Unsplash

Candi Vat Phou di Laos, mirip dengan Angkor Wat di Kamboja namun lebih sepi, adalah situs yang tenang yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO di sepanjang Jalan Kuno Angkor.

Vat Phou memiliki reruntuhan batu yang lebih tua dari Angkor Wat, yang berasal dari abad ke-11 hingga ke-13, dengan bukti peribadatan yang berasal dari abad ke-5. Terletak di dekat Champasak, kompleks candi ini mencakup jalan setapak sepanjang satu mil, teras batu, dan sebuah tempat ibadah yang terhubung ke Shiva, dengan artefak yang lebih tua dari Angkor yang tersebar di sekitarnya. Di luar Vat Phou, wilayah Champasak menawarkan arsitektur kolonial Prancis, jalur-jalur alam, dan pemandangan Sungai Mekong.

Sorotannya termasuk pasar-pasar di Pakse, pesona tepi sungai Champasak, Taman Alam Xe Pian, dan industri kopi di Dataran Tinggi Bolaven yang terkenal.

Candi Vat Phou merupakan situs bersejarah yang kaya akan warisan budaya dan arkeologi. Merupakan salah satu contoh yang paling awal dan terbaik dari perkembangan kompleks arsitektur Hindu-Buddha di kawasan Asia Tenggara. Kompleks candi ini memainkan peran penting dalam sejarah yang kaya di wilayah tersebut dan merupakan tempat suci penting bagi masyarakat setempat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%