Tampang

Desa Bayung Gede Dijadikan Wisata Autentik di Bali

25 Okt 2024 13:36 wib. 29
0 0
Desa Bayung Gede Dijadikan Wisata Autentik di Bali
Sumber foto: Google

Bali tidak hanya menawarkan keindahan alam dan budayanya. Tapi banyak wisata autentik yang belum banyak dilirik para traveler. Salah satu tujuan wisata yang tidak banyak diketahui orang adalah Desa Bayung Gede yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Desa ini dikenal sebagai desa Bali Aga atau Bali Mula, yang merupakan desa adat dan memiliki keunikan tersendiri.

Desa Bayung Gede menawarkan pengalaman yang berbeda dan autentik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Desa ini masih mempertahankan adat dan tradisi Bali Mula yang kaya akan sejarah budaya. Dari tata ruang desa hingga rumah adat yang megah, semuanya memberikan gambaran kehidupan masyarakat Bali kuno.

Arsitektur tradisional rumah-rumah nya dari bahan alami seperti bambu dan kayu, dengan atap dari ijuk atau alang-alang. Tata ruang desa juga mengikuti pola tradisional, dengan pura-pura yang penting terletak di pusat desa. Selain itu, masyarakat Bayung Gede sangat memegang teguh adat istiadat dan tradisi leluhur mereka. 

Salah satu daya tarik utama Desa Bayung Gede adalah arsitektur rumah adat Bali Mula yang masih terjaga dengan baik. Rumah-rumah ini dibangun dengan menggunakan bahan alami seperti bambu, kayu, dan anyaman daun kelapa untuk atapnya. Konstruksi rumah yang secara tradisional diwarisi dari generasi ke generasi ini memberikan nuansa klasik dan autentik yang susah ditemukan di tempat wisata lain di Bali.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.