Tampang

Warga RI Mulai Khawatir Beli Smartphone, Orang China Malah Semangat Karena Hal Ini

27 Jun 2024 19:27 wib. 30
0 0
Warga RI Mulai Khawatir Beli Smartphone, Orang China Malah Semangat Karena Hal Ini
Sumber foto: Unsplash

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika telah menimbulkan kekhawatiran masyarakat Indonesia terkait kenaikan harga smartphone. Menurut hasil riset Reasense, sebuah divisi riset dari SEQARA Communications, sekitar 78,6% responden riset mengaku khawatir dengan kemungkinan kenaikan harga smartphone saat ini.

Aryo Meidianto, seorang Analis Pasar Smartphone & Senior Consultant di SEQARA Communications, menyampaikan bahwa, "Harga smartphone berpotensi meningkat dalam beberapa bulan kedepan seiring dengan kenaikan biaya komponen impor dan logistik." Ia juga menambahkan bahwa smartphone yang sudah dirilis mungkin tidak akan mengalami kenaikan harga, namun akan ada kemungkinan lonjakan harga untuk perangkat yang akan diluncurkan di masa depan.

Situasi yang berbeda justru terlihat di China, dimana penjualan smartphone meningkat pesat. Laporan dari firma riset Counterpoint menunjukkan bahwa penjualan smartphone di negara tersebut naik sebesar 6,8% dalam periode 20 Mei-16 Juni 2024, yang bertepatan dengan festival belanja 618. Data dari Counterpoint juga menunjukkan bahwa Huawei memimpin pasar dengan penjualan yang meningkat sebesar 42,4% dibandingkan tahun sebelumnya.

Penjualan Huawei didorong oleh permintaan akan produk 5G terbaru, dan diprediksi akan terus meningkat. Tak hanya Huawei, penjualan merek lain seperti Xiaomi juga tumbuh hampir 12,6%, sementara Apple, yang dalam beberapa kuartal terakhir mengalami tekanan di pasar China, juga mencatat kenaikan penjualan sebesar 2,7%.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%