Tampang

Satu Langkah Lebih Dekat untuk Membuat Robot yang Hidup

21 Sep 2017 22:48 wib. 1.125
0 0
Satu Langkah Lebih Dekat untuk Membuat Robot yang Hidup

Periset di Columbia Engineering telah memecahkan masalah dalam penciptaan robot lunak untethered yang tindakan dan gerakannya dapat meniru sistem biologis alami. Sebuah kelompok di laboratorium Mesin Kreatif yang dipimpin oleh Hod Lipson telah mengembangkan otot lunak sintetis 3D-printable, jaringan aktif tiruan dengan kemampuan ekspansi intrinsik yang tidak memerlukan kompresor eksternal. Bahan baru ini memiliki densitas regangan (ekspansi per gram) yang 15 kali lebih besar dari pada otot nyata, dan bisa mengangkat 1000 kali beratnya sendiri.

Sebelumnya tidak ada bahan yang mampu berfungsi sebagai otot lunak karena ketidakmampuan untuk menunjukkan sifat yang diinginkan dari tegangan aktuasi tinggi dan regangan tinggi. Teknologi aktuator lunak yang ada biasanya didasarkan pada inflasi pneumatik atau hidrolik kulit elastomer yang melebar saat udara atau cairan dipasok ke mereka. Kompresor eksternal dan peralatan pengatur tekanan yang dibutuhkan untuk teknologi semacam itu mencegah miniaturisasi dan penciptaan robot yang dapat bergerak dan bekerja secara independen.

"Kami telah membuat langkah besar untuk membuat otak robot, tapi badan robot masih primitif," kata Hod Lipson. "Kami telah mengatasi salah satu rintangan terakhir untuk membuat robot yang hidup."

Terinspirasi oleh organisme hidup, robotika material lunak menjanjikan banyak hal di bidang robot yang dapat berinteraksi dengan manusia, seperti manufaktur dan perawatan kesehatan. Tidak seperti robot yang kaku, robot lunak dapat meniru gerakan alami - menggenggam dan memanipulasi - untuk memberikan bantuan medis dan jenis bantuan lainnya, melakukan tugas yang sulit, atau mengambil benda lunak.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?