Tampang

Marak Modus Penipuan WhatsApp Baru, Ini Kedoknya

5 Okt 2024 18:45 wib. 21
0 0
Marak Modus Penipuan WhatsApp Baru, Ini Kedoknya
Sumber foto: Unsplaah.com

Semakin berkembangnya teknologi digital, semakin berkembang pula modus-modus penipuan yang menggunakan berbagai platform aplikasi. Salah satu platform yang sering digunakan untuk melakukan penipuan adalah WhatsApp. Banyak penipuan yang terjadi melalui pesan WhatsApp, dan para pengguna harus mewaspadai modus penipuan yang semakin canggih dan merugikan banyak korban.

Salah satu modus penipuan yang marak terjadi melalui WhatsApp adalah penggunaan file APK yang dikirimkan secara acak kepada nomor telepon orang lain. Modus ini bertujuan membuat penerima pesan untuk mengklik dan mengunduh file tersebut, lalu tanpa disadari mereka akan menginstal aplikasi berbahaya di ponsel mereka. Hal ini merupakan bentuk phising yang mirip dengan cara penipuan melalui email, dimana pelaku berharap agar penerima memberikan akses secara tak sadar sehingga ponsel atau akun finansial mereka bisa diambil alih atau dibajak.

Di tahun-tahun terakhir, terdapat sejumlah modus penipuan online melalui WhatsApp yang telah dirilis, di antaranya:

1. Modus Penipuan Sebagai Kurir

Salah satu modus penipuan melalui WhatsApp melibatkan akun Instagram yang mengunggah chat Telegram dengan seseorang yang mengaku berasal dari perusahaan kurir J&T. Penipu mengirimkan lampiran dengan nama file APK dengan tulisan 'LIHAT Foto Paket'. Mereka yang mengunduh file tersebut akan mengalami kerugian, termasuk kehilangan uang yang disimpan di bank, dan berbagai data termasuk keuangan yang akan diambil oleh para pelaku penipuan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ketupat Lebaran
0 Suka, 0 Komentar, 8 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.