Tampang

Ketakutan Akan Radiasi Nuklir Lebih Berbahaya Daripada Radiasi Itu Sendiri

7 Jul 2017 08:07 wib. 1.894
0 0
Ketakutan Akan Radiasi Nuklir Lebih Berbahaya Daripada Radiasi Itu Sendiri

Resiko radiofobia jauh melampaui dampak di daerah sekitar kecelakaan nuklir. Terlepas dari kenyataan bahwa radiasi yang dikeluarkan dari Fukushima tidak menghasilkan peningkatan penyakit terkait radiasi, kekhawatiran radiasi menyebabkan Jepang dan Jerman menutup pembangkit listrik tenaga nuklir mereka. Di kedua negara, penggunaan gas alam dan batubara meningkat, meningkatkan tingkat polusi partikulat dan emisi gas rumah kaca.

Kedua negara tidak akan memenuhi target pengurangan emisi gas rumah kaca 2020. Di seluruh Eropa, ketakutan akan radiasi telah menyebabkan Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, Austria, Swedia dan Swiss mengadopsi kebijakan yang mensubsidi tenaga surya, angin dan tenaga air dibanding nuklir sebagai alat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar para ahli energi dan perubahan iklim mengatakan bahwa sumber energi terbarukan intermiten tidak cukup untuk memecahkan masalah. Di Amerika Serikat, 29 pemerintah negara bagian mensubsidi tenaga angin dan tenaga surya, namun hanya tiga yang menawarkan insentif untuk nuklir, yang menghasilkan tenaga lebih bersih, jauh lebih andal.

Takut pada radiasi memiliki akar yang dalam. Ini kembali ke penggunaan senjata atom, dan Perang Dingin kita khawatir mereka bisa digunakan lagi. Modernisme lingkungan didirikan karena takut dampak radioaktif dari uji coba senjata semacam di atmosfer. Seluruh generasi dibesarkan di film dan sastra dan seni lainnya yang menggambarkan radiasi nuklir sebagai momok utama teknologi modern. Secara psikologis, penelitian telah menemukan bahwa kita sangat khawatir dengan risiko yang tidak dapat kita deteksi dengan indra kita sendiri, risiko yang terkait dengan bencana atau kanker, risiko yang dibuat manusia dan bukan alam, dan risiko yang membangkitkan kenangan menakutkan, seperti yang terjadi. Ditimbulkan oleh penyebutan Chernobyl atau Three Mile Island. Ketakutan kita akan radiasi sangat dalam, tapi kita harus benar-benar takut akan rasa takut.

Sumber: aeon.co

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Resep dan Cara Membuat Sate Taichan
0 Suka, 0 Komentar, 18 Jul 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?