Tampang

Elon Musk Rilis Antena Starlink Mini Terbaru, Harga Lebih Murah dan Praktis

20 Jun 2024 10:48 wib. 33
0 0
Starlink
Sumber foto: Goggle

Elon Musk telah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan Starlink Mini dalam beberapa bulan ke depan. Antena ini dirancang dengan ukuran yang cukup praktis, seukuran tablet dengan dimensi 11.4 inci x 9.8 inci, sehingga mudah untuk dimuat di dalam ransel. Selain itu, harga Starlink Mini juga dijanjikan akan lebih terjangkau.

Pasca pembaruan aplikasi Starlink yang dirilis, terungkap bahwa produk terbaru ini sedang dalam pengembangan. Seorang insinyur asal Ukraina, Oleg Kutkov, bahkan berhasil mendekompilasi pembaruan tersebut dan menemukan gambar resmi dari antena Starlink Mini. Gambar tersebut memastikan bahwa model terbaru ini akan menjadi versi yang lebih kecil dan portabel dari antena parabola Starlink standar V4 yang saat ini sudah ada. 

Dokumen dari FCC menegaskan bahwa Starlink Mini akan memiliki fitur kick stand dan berukuran sekitar sebesar sebuah Apple MacBook. Elon Musk sendiri turut memberikan tanggapannya terkait hal ini, bahkan mengklaim bahwa ia sudah menggunakan perangkat Starlink Mini dari luar angkasa. Perangkat ini dikatakan sangat mudah dibawa dan dapat dengan nyaman dimasukkan ke dalam ransel.

Musk juga menyebutkan bahwa antena parabola Starlink Mini akan dijual dengan harga sekitar setengah dari antena parabola standar. Harga perangkat keras standar V4 Starlink saat ini di Amerika Serikat adalah US$499 atau sekitar Rp8,18 juta, sehingga dapat diprediksi bahwa harga Starlink Mini akan dibanderol sekitar US$250 atau sekitar Rp4,1 juta. Jika perangkat ini dapat diterapkan di Indonesia, diperkirakan harga Starlink Mini akan berada di kisaran Rp2,95 juta, dari harga aslinya senilai Rp5,9 juta.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%