Tampang

Data Bais TNI Diretas: Nama Prajurit, Satuan, NRP Hingga Data Diri Bocor

28 Jun 2024 04:43 wib. 45
0 0
Data Bais TNI Diretas: Nama Prajurit, Satuan, NRP Hingga Data Diri Bocor
Sumber foto: google

Data-data dari Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI dibobol oleh peretas. Dugaan peretasan itu diunggah akun X (Twitter), FalconFeedsio, Senin (24/6/2024). Unggahan FalconFeedsio tersebut disertai entitas dari peretas, yakni MoonzHaxor. Dalam unggahan di Breach Forums, MoonzHaxor ingin menjual data Bais TNI berukuran 773 kilobyte (kB) dengan harga 1.000 dollar AS, sedangkan file berukuran 33,7 gigabyte (GB) dengan Harga 7.000 dollar AS.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen R Nugraha Gumilar mengatakan, data yang diretas merupakan data-data lama.“Data yang diretas adalah data lama yang baru dirilis tahun 2024 (oleh peretas),” ujar Gumilar

Insiden ini menimbulkan kekhawatiran serius karena data yang bocor tersebut termasuk informasi sensitif tentang prajurit TNI, yang rentan dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini juga menunjukkan betapa kerentanan sistem keamanan informasi, terutama di lingkungan militer.

Dalam insiden ini, diketahui bahwa peretas berhasil mendapatkan akses ke data Bais TNI, yang seharusnya menjadi salah satu database paling aman di Indonesia. Data yang bocor mencakup nama prajurit, satuan tempur, NRP (Nomor Registrasi Pokok), hingga informasi pribadi lainnya. Seriusnya, hal ini bukan hanya memengaruhi privasi prajurit TNI, namun juga bisa membahayakan keamanan nasional.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Evolusi Hewan Laut ke Darat
0 Suka, 0 Komentar, 1 Feb 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%