Tampang

Bank di Indonesia Berbondong-bondong Tutup ATM, Ada Apa?

11 Jun 2024 19:33 wib. 495
0 0
ATM Ditutup

Beberapa bank di Indonesia mengurangi jumlah mesin ATM yang tersebar di berbagai tempat. Hal ini tercatat dalam Laporan Surveillance Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut laporan tersebut, jumlah jaringan kantor bank umum konvensional (BUK) di seluruh Indonesia tersisa 115.539 per triwulan IV-2023, mengalami penurunan sebanyak 4.676 unit.

Dari data tersebut, terminal perbankan elektronik (ATM/CDM/CRM) masih mendominasi jaringan kantor bank dengan jumlah 91.412 unit. Namun, jumlah itu mengalami penurunan sebanyak 1.417 unit dari tahun sebelumnya yang mencapai 92.829 unit dari tiga bulan sebelumnya.

Apa yang menjadi penyebab dari penurunan ini? Pengamat Perbankan & Praktisi Sistem Pembayaran, Arianto Muditomo, mengungkapkan bahwa penurunan jumlah jaringan kantor bank, terutama ATM, juga terjadi di negara lain.

Menurutnya, hal ini bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, termasuk pergeseran transaksi ke layanan digital (mobile banking dan aplikasi) yang lebih mudah digunakan dan diakses oleh nasabah dari berbagai tempat. Selain itu, biaya investasi dan perawatan mesin ATM dianggap relatif tinggi, sedangkan nasabah juga mulai membentuk kebiasaan baru menggunakan mobile banking dan aplikasi untuk transaksi keuangannya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%