Tampang

Ancaman Hacker Terus Meningkat, Aksi Europol Menutup 593 Server di Berbagai Negara

7 Jul 2024 18:32 wib. 138
0 0
Ancaman Hacker Terus Meningkat, Aksi Europol Menutup 593 Server di Berbagai Negara
Sumber foto: iStock

Upaya Europol ini merupakan bagian dari Operasi Morpheus yang melibatkan penegak hukum dari sejumlah negara termasuk Australia, Kanada, Jerman, Belanda, Polandia, dan Amerika Serikat, dengan pimpinan dari Inggris.

Cobalt Strike sebenarnya merupakan alat pengujian penetrasi yang sah untuk melakukan pemindaian infrastruktur dan mencari celah keamanan dari tim merah. Namun, sayangnya alat ini juga berhasil dimanfaatkan oleh para hacker setelah berhasil membobolnya. Para penyerang menggunakan perangkat lunak ini dalam tahap serangan pasca-eksploitasi, dengan tujuan untuk mendapatkan akses jarak jauh pada server yang disusupi, mencuri data sensitif, dan menyebarkan perangkat lunak berbahaya.

Microsoft juga mengungkapkan bahwa sejumlah pelaku menggunakan Cobalt Strike dengan dukungan dari berbagai negara seperti Rusia, China, Vietnam, dan Iran. Hal ini menunjukkan bahwa ancaman dari para hacker tidak hanya berasal dari individu atau kelompok kecil, namun juga didukung oleh negara-negara tertentu.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.