Tampang

86 Layanan yang Terdampak Serangan PDNS Sudah Pulih

14 Jul 2024 09:26 wib. 97
0 0
86 Layanan yang Terdampak Serangan PDNS Sudah Pulih
Sumber foto: mediaindonesia.com

Sudah tiga pekan sejak serangan ransomware ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2, tepatnya pada 20 Juni 2024. Berdasarkan laporan terbaru, sebanyak 86 layanan yang berasal dari 16 tenant telah pulih.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto menyatakan, upaya pemulihan layanan PDNS 2 dilakukan oleh tim yang terdiri dari Kementerian Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), PT Telkom Tbk, dan partisipasi dari semua tenant. Per 12 Juli, pukul 17.30 WIB, tercatat 86 layanan dari 16 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah telah go live," kata Hadi dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (13/7/2024).

Menko Polhukam menjelaskan bahwa beberapa layanan publik yang telah dipulihkan, selain dalam bentuk layanan perizinan, juga berupa layanan informasi dalam bentuk portal. Termasuk layanan beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Adapun proses pemulihan layanan terbagi dalam tiga zona tahapan berdasarkan teknik penanganan data. Data yang terdampak insiden pada PDNS 2 berada di zona merah, dan ditetapkan dalam proses "karantina". Selanjutnya, akan dipindahkan ke zona biru untuk dilakukan penguatan keamanan dan pemindaian kerentanan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?