Tampang

Tiga Tingkatan saat kita Menerima Ujian

2 Agu 2017 17:00 wib. 29.850
0 0
Tiga Tingkatan saat kita Menerima Ujian

Gimana cara sabar menghadapi ujian? Hal pertama yang kita lakukan adalah mengucapkan kalimat Innalillahiwainnailaihiraaji’uun, dan kalimat itu harus kita katakan dengan hati yang yakin bahwa semua ini adalah kehendak Allah dan pasti ada kebaikan di dalam kehendak Allah. Karena Allah tidak akan memberikan kepada hambanya kecuali kebaikan. Dan ketika kita mengucapkan kalimat Innalillahiwainnailaihiraaji’uun itu artinya kita sudah melibatkan Allah dalam musibah kita. Ketika kita sudah melibatkan Allah dalam musibah kita maka banyak jalan keluar yang Allah berikan kepada kita.

2. Sabar dalam meninggalkan dosa.

Ternyata meninggalkan dosa butuh kesabaran. Karena dalam hal ini kita sedang mengendalikan hawa nafsu kita untuk tidak melakukan dosa. Sabar tidak melakukan dosa ini merupakan sabar yang levelnya lebih tinggi dari sabar menghadapi ujian. Ketika kita meninggalkan dosa yang padahal orang lain sudah biasa melakukan itu dan kita bisa bersabar untuk tidak melakukannya. Kita bersabar untuk tidak jalan berdua dengan dia sebelum halal, sabar untuk tidak membicarakan orang, sabar untuk tidak membuka hal-hal yang tidak penting di media sosial kita dan menggantinya dengan membaca ayat Al-Quran, sabar untuk menjaga pandangan mata. Semua itu membutuhkan kesabaran. Dan inilah tingkatan kesabaran yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah ketaqwaan terhadap Allah dan Rasulallah.

3. Sabar dalam beribadah.

Sabar dalam shalat, sabar dalam menjalankan puasa, sabar tilawah Al-Quran. Ini merupakan sabar dalam beribadah. Sabar dalam menjalankan suatu ibadah dengan hati yang ikhlas sehingga ibadah kita dirahmati oleh Allah SWT. Ini adalah tingkatan sabar yang paling tinggi diantara sabar menghadapi musibah dan sabar dalam meninggalkan dosa.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?