Tampang

Puasa-puasa di Bulan Muharram dan Tata Cara Melakukannya

26 Jul 2024 11:23 wib. 88
0 0
berpuasa
Sumber foto: pinterest

Bulan Muharram adalah bulan yang istimewa bagi umat Muslim. Di bulan ini, terdapat beberapa puasa yang dianjurkan untuk dilakukan sebagai bentuk ibadah dan keimanan. Puasa-puasa ini memiliki makna tersendiri bagi umat Islam, dan tata cara melaksanakannya sangat penting untuk dipahami dengan baik. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang puasa-puasa di bulan Muharram dan tata cara melaksanakannya.

1. Puasa Asyura

Puasa Asyura jatuh pada tanggal 10 Muharram. Puasa ini merupakan sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Sebagian umat Islam menjalankan puasa ini sebagai bentuk syukur atas penyelamatan Nabi Musa AS dari Fir'aun. Selain itu, ada yang meyakini bahwa puasa Asyura memiliki keutamaan dalam menghapus dosa-dosa pada tahun sebelumnya. Puasa Asyura juga dianjurkan karena pada tanggal ini terdapat sejumlah peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Tata cara melaksanakan puasa Asyura cukup sederhana. Puasa ini dilaksanakan dengan cara berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Jika kita tidak berpuasa pada tanggal 9 Muharram, kita dapat berpuasa hanya pada tanggal 10 Muharram. Di samping itu, Rasulullah SAW juga menyarankan untuk memperbanyak amal ibadah pada hari Asyura, seperti bersedekah dan berdoa.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?