Tampang

Makna Qunut dalam Shalat

2 Jun 2024 18:49 wib. 48
0 0
Qunut
Sumber foto: Google

Qunut adalah salah satu bagian dari shalat yang sering kali menjadi bahan perdebatan di kalangan umat Islam. Untuk beberapa orang, qunut merupakan bagian yang penting dalam shalat, sedangkan bagi yang lain, qunut dianggap sebagai bagian yang opsional. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa sebenarnya maksud dari qunut dalam shalat.

Maksud Qunut dalam Shalat

Qunut merupakan bagian dari shalat yang dilakukan dengan cara mengangkat tangan dalam keadaan berdoa. Qunut biasanya dilakukan setelah ruku’ dalam shalat pada rakaat terakhir atau terkadang pada rakaat kedua dalam shalat Subuh. Qunut sendiri memiliki beberapa macam, di antaranya adalah qunut nazilah (qunut dalam keadaan tertimpa musibah) dan qunut witr (qunut dalam shalat witir).

Secara umum, tujuan dari qunut dalam shalat adalah untuk memohon pertolongan, perlindungan, dan rahmat Allah SWT. Hal ini dilakukan agar umat Islam selalu dalam lindungan dan petunjuk-Nya. Qunut juga dianggap sebagai bentuk penghambaan yang lebih mendalam karena umat Islam mengangkat tangan dalam doa kepada Allah SWT, menunjukkan kerendahan hati dan ketergantungan kepada-Nya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Tips Awet Muda
0 Suka, 0 Komentar, 16 Mar 2018
Penyimpan Data Level Molekuler
0 Suka, 0 Komentar, 24 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%