Tampang

Keutamaan Membaca Surat Yasin di Malam 1 Muharram

23 Jul 2024 13:22 wib. 94
0 0
al quran
Sumber foto: pinterest

Malam 1 Muharram merupakan malam yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Keutamaan malam ini membuat banyak orang mengisi waktu dengan amalan-amalan yang diharapkan mendapatkan keberkahan, termasuk di antaranya adalah membaca Surat Yasin. Surat Yasin merupakan surat dalam Al-Qur'an yang memiliki banyak keutamaan. Membacanya di malam 1 Muharram menjadi lebih istimewa karena kaitannya dengan peristiwa hijrah dan momentum awal tahun Hijriyah. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang keutamaan membaca Surat Yasin di malam 1 Muharram.

Keutamaan Surat Yasin

Sebagai surat yang memiliki kelebihan dan keutamaan, Surat Yasin di dalam Al-Qur'an telah disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam berbagai hadis tentang keutamaan serta manfaat dibacanya surah ini. Dalam sebuah hadis riwayat At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada malam Jum'at, ada suatu saat yang tidak dilewati seorang muslim dengan suatu hajat yang ia meminta melainkan Allah akan memberinya, tiap-tiap haramnya Allah akan menghalalkannya baginya, dan tiap-tiap kesedihannya Allah akan menggantikannya dengan kegembiraan." Kemudian para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, kapan terjadinya saat tersebut?" Rasulullah SAW menjawab, "Pada saat terbenam matahari hingga terbenamnya bulan." 

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW juga bersabda, "Bacalah Yasin atas orang-orang yang sudah mati di antara kamu." Hadis-hadis tersebut menjelaskan keutamaan membaca Surat Yasin, baik untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Tanda Bahwa Hati Anda Penuh Racun
0 Suka, 0 Komentar, 18 Des 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?