Tampang

Ingin Lebih Sehat dan Bahagia? Yuk Bersyukur!

20 Jan 2018 07:09 wib. 1.673
0 0
Ingin Lebih Sehat dan Bahagia? Yuk Bersyukur!

Bersyukur, ternyata bisa dilakukan bukan hanya ketika kita mendapatkan berbagai peristiwa besar saja. Ketika kita membuka mata bangun dari tidur, syukuri kalau Allah masih memberi kita kesempatan untuk menjalani ‘hari yang baru lagi’. Ketika kita menghirup udara segar di pagi hari, bersyukur karena kita masih diberi kesempatan untuk ‘menikmati’ nikmat udara segar, nikmat melihat indahnya bunga dan burung di pagi hari. Ketika kita sarapan, syukuri kenikmatan setiap suapan nasi goreng yang berhasil kita masak. Terbayang jika kita terbiasa  menyukuri nikmat Allah, kita pun akan menyadari bahwa kita disayangi oleh Allah. Itulah juga yang bisa menjadi salah satu sumber motivasi kita dalam menjalani hidup.

Yuk, kita coba beberapa cara untuk bersyukur:

Tulislah hal yang kamu syukuri setiap harinya. Kegiatan ini bisa ditulis sebelum kamu tidur. Dengan begitu, ada waktu khusus untuk kita melakukan refleksi diri mengingat bentuk sayang Nya Allah pada kita setiap harinya. Mungkin di awal agak sedikit belum terbiasa, namun ketika kegiatan ini sudah berjalan beberapa waktu, terasa ada yang berbeda ketika kita menjalani aktifitas kita. Ada semacam keinginan untuk selalu menemukan hal positif dalam aktifitas apapun.
Lakukan sesuatu selain menulis untuk mensyukuri pemberianNya. Misal, Dia sudah memberikan kita tubuh yang sehat. Apa yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri tubuh yang sehat ini kemudian? Kita bisa menjaga tubuh ini dengan berolahraga, mengatur asupan gizinya, dll.
Lakukan sesuatu bukan hanya untuk diri kita, namun untuk lingkungan. Bersyukur, bukan hanya menyukuri keberadaan diri, lingkungan juga adalah salah satu nikmat dari Nya yang diberi kepada kita. Ingat, bersyukur bukan hanya harus melakukan hal yang besar. Mensyukuri keberadaan lingkungan misalnya: dengan selalu membersihkan lingkungan terdekat (baca: rumah sendiri), menyapa tetangga, membantu tetengga yang kesulitan membersihkan halaman rumahnya, mengirim tetangga masakan kita, dll. Atau jika memang tertantang, kalian juga bisa mengadakan aksi bersyukur dengan lingkup yang lebih luas. Seperti mengadakan aksi sosial menolong korban banjir, menjadi relawan mendongeng untuk anak yatim, dll.

Nah, selamat menjadi manusia yang lebih sehat dan juga happy ya! Ingat, nikmat apakah yang kamu syukuri hari ini?

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?