Tampang

Cegah Hoax dan Gosip dengan Mengutamakan Tabayyun

4 Jun 2018 18:16 wib. 1.340
0 0
Cegah Hoax dan Gosip dengan Mengutamakan Tabayyun

Puasa itu menahan diri, termasuk menahan diri untuk tidak meng-gosip atau menyebarkan informasi yang tidak benar. Kalau hal itu tetap dilakukan bisa mengurangi pahala puasa, bahkan menggugurkan puasa sehingga kita hanya mendapatkan pahala berupa lapar dan dahaga.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Qatadah, Nabi Muhammad menyatakan, tabayyun merupakan perintah Allah, sedangkan sikap terburu-buru dan langsung menyebarkan informasi yang belum tentu benar merupakan arahan setan. Hanya karena kita mendengar atau membaca berita yang isinya sepihak lantas kita sebarkan ke mana-mana.

Tabayyun atau dalam komunikasi disebut check and recheck merupakan upaya mencari kejelasan suatu masalah, mempertegas hakikat sesuatu, yang dilandasi sikap hati-hati dalam menyampaikan informasi. Orang tak bersikap tabayyun bisa karena lupa, terpesona dengan narasumber, atau ada maksud tertentu untuk membuat orang lain bernilai kurang baik.

Sikap tabayyun bisa dilaksanakan dengan bertanya langsung kepada pelaku utama, mendengar dengan seksama pemaparan orang lain, dan melakukan pengecekan melalui pengamatan dan pertemanan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Annisa Pohan Ingin Tambah Buah Hati
0 Suka, 0 Komentar, 23 Sep 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?