Tampang

Menteri Basuki dan Istri Bakal Pindah ke IKN Juli 2024, Jika Air Minum Sudah Terdistribusi

12 Apr 2024 20:46 wib. 88
0 0
Menteri Basuki dan Istri Bakal Pindah ke IKN Juli 2024, Jika Air Minum Sudah Terdistribusi
Sumber foto: beritasatu.com

Kementerian PUPR telah membentuk Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN yang bertanggung jawab dalam memastikan kelancaran proyek pembangunan infrastruktur di IKN, termasuk pasokan air minum. Saat ini, dua instalasi pengolahan air minum (IPA) sedang dibangun untuk memenuhi kebutuhan air minum di IKN.

Instalasi pengolahan air minum pertama adalah infrastruktur intake Sungai Sepaku dengan kapasitas 350 liter per detik yang didanai oleh APBN. Sementara itu, instalasi pengolahan air minum kedua terletak di Bendungan Sepaku Semoi dengan kapasitas 300-350 liter per detik, dibiayai oleh hibah dari pemerintah Korea Selatan.

Kementerian PUPR menetapkan prioritas untuk menyelesaikan pembangunan instalasi pengolahan air minum dari intake Sungai Sepaku lebih dulu sebelum lainnya. Pasalnya, keberadaan pasokan air minum yang memadai di IKN merupakan hal yang vital sebelum Ibu Kota Nusantara tersebut dapat dihuni oleh pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo yang akan memindahkan kantor presiden ke sana.

Basuki juga berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan ketersediaan pasokan air minum yang memadai di IKN sebelum Presiden Joko Widodo mulai melakukan aktivitas di ibu kota baru Indonesia tersebut. Upaya tersebut merupakan bagian dari keseriusannya dalam menyukseskan rencana pemindahan ibu kota yang dicanangkan oleh pemerintah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Devinisi Tetangga Dalam Islam
0 Suka, 0 Komentar, 25 Okt 2017
Memulai Bisnis
0 Suka, 0 Komentar, 17 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?