Tampang

Pengertian Neokolonialisme: Perilaku Imperialis Baru di Era Modern

13 Jun 2024 16:20 wib. 27
0 0
Pengertian Neokolonialisme
Sumber foto: Google

Neokolonialisme merujuk kepada praktik negara-negara maju atau perusahaan multinasional yang memanfaatkan kekuatan ekonomi, politik, dan budaya mereka untuk tetap mengendalikan negara-negara yang sebelumnya telah merdeka. Istilah ini pertama kali muncul pada tahun 1960-an dan terus relevan hingga saat ini sebagai suatu fenomena global yang berdampak pada perkembangan ekonomi dan politik di banyak negara berkembang.

 Pengertian Neokolonialisme
Pengertian neokolonialisme dapat dijelaskan sebagai upaya negara-negara maju atau perusahaan multinasional dalam mempertahankan dominasi mereka terhadap negara-negara yang sebelumnya telah merdeka. Dengan menggunakan alat-alat kekuasaan ekonomi, politik, dan budaya, negara-negara imperialis tersebut mendapatkan keuntungan dari sumber daya dan tenaga kerja yang ada di negara-negara yang mereka indoktrinasi.

Faktor-faktor Neokolonialisme
Neokolonialisme umumnya muncul akibat dari hubungan yang tidak seimbang antara negara maju dan negara berkembang. Faktor-faktor yang memicu neokolonialisme antara lain adalah utang luar negeri, struktur perdagangan internasional yang tidak adil, intervensi militer, investasi asing yang merugikan, serta dominasi budaya dan ideologi. Semua faktor ini berkontribusi terhadap siklus ketergantungan yang sulit untuk dipatahkan.

Dampak Neokolonialisme

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%