Tampang

Kemendikbud, Anggaran Belum Memungkinkan Gratiskan Seluruh Pendidikan Dasar

10 Sep 2024 09:18 wib. 50
0 0
Kemendikbud, Anggaran Belum Memungkinkan Gratiskan Seluruh Pendidikan Dasar
Sumber foto: Google

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sedang mendorong program penggratisan biaya pendidikan dasar secara penuh. Namun, saat ini negara belum mampu menggratiskan biaya pendidikan dasar secara keseluruhan. Hal ini menjadi topik utama dalam diskusi bertajuk "Menggugat Kebijakan Anggaran Pendidikan" yang digelar di Jakarta Selatan, pada Sabtu (7/9/2024).

Kemendikbud Ristek telah mencatat kemajuan yang signifikan dalam upaya meningkatkan akses pendidikan bagi semua. Namun, ada keterbatasan yang diakui terkait dengan anggaran yang belum memungkinkan untuk menggratiskan seluruh biaya pendidikan dasar. 

Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Kementerian Keuangan, anggaran pendidikan masih menghadapi tekanan yang cukup besar. Meskipun telah terjadi peningkatan secara bertahap dalam alokasi anggaran pendidikan, namun masih diperlukan langkah-langkah lebih lanjut untuk mencapai target penggratisan biaya pendidikan dasar secara keseluruhan.

Hal ini menjadi perhatian serius karena akses pendidikan yang terjangkau adalah hak setiap anak. Bila biaya pendidikan tidak dihapuskan sepenuhnya, hal ini dapat menjadi hambatan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan hak mereka atas pendidikan berkualitas.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rahasia Sukses Digital Strategy
0 Suka, 0 Komentar, 21 Agu 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?