Tampang

Exxon Dituduh 50 Tahun Bohongi Publik Soal Daur Ulang Plastik

25 Sep 2024 05:14 wib. 59
0 0
Exxon Dituduh 50 Tahun Bohongi Publik Soal Daur Ulang Plastik
Sumber foto: newscientist.com

Kejaksaan California telah menggugat ExxonMobil dengan tuduhan bahwa perusahaan tersebut telah keliru mempromosikan daur ulang plastik selama 50 tahun. Ini merupakan tindakan yang menggambarkan upaya negara bagian California di Amerika Serikat untuk menuntut pertanggungjawaban perusahaan minyak besar ini atas polusi plastik. 

Gugatan tersebut menuduh Exxon, salah satu produsen plastik terbesar di dunia, melakukan penipuan terhadap publik selama setengah abad mengenai keberlanjutan produk plastiknya. Produk-produk ini meliputi polimer yang ditemukan dalam kemasan plastik, peralatan makan, dan botol minuman. Gugatan tersebut juga meminta ganti rugi atas kerugian yang timbul dari produksi plastik tersebut.

Jaksa agung California, Rob Bonta, dalam pernyataannya kepada Financial Times, menyatakan bahwa ExxonMobil telah menggunakan penipuan untuk menggaet publik dalam kepercayaan bahwa daur ulang plastik dapat menyelesaikan krisis limbah plastik dan polusi, padahal mereka sebenarnya tahu bahwa hal itu tidak mungkin.

Gugatan California tersebut didukung oleh bukti dari tahun 1970-an yang menunjukkan bahwa perusahaan dan perwakilan industri mengakui bahwa daur ulang bukanlah solusi untuk menangani semua limbah plastik, tetapi Exxon tetap membiayai kampanye iklan yang mempromosikan produk daur ulangnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.