Tampang

Candidiasis: Penyakit Jamur yang Perlu Diwaspadai

22 Jun 2024 18:25 wib. 43
0 0
Pengertian Candidiasis
Sumber foto: Google

Candidiasis dapat muncul di berbagai bagian tubuh, dengan gejala yang bervariasi tergantung lokasi infeksi. Pada mulut, candidiasis dapat menyebabkan munculnya lapisan putih atau krem pada lidah dan bagian dalam pipi. Kondisi ini dikenal sebagai oral thrush. Sementara itu, infeksi pada bagian genital dapat menyebabkan rasa gatal, perih, dan keluar cairan tidak normal. Pada kasus infeksi kulit, gejala yang muncul bisa berupa ruam merah, gatal, dan lecet.

Diagnosis candidiasis umumnya dilakukan melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan sampel cairan atau jaringan yang mungkin terinfeksi. Dokter juga bisa melakukan pemeriksaan darah atau tes laboratorium lainnya untuk memastikan diagnosis.

Pengobatan Candidiasis

Pengobatan candidiasis tergantung pada lokasi dan keparahan infeksi. Dokter mungkin meresepkan obat antijamur dalam bentuk krim, tablet, atau cairan. Untuk kasus yang lebih parah, obat antijamur juga bisa diberikan dalam bentuk suntikan. Selain itu, memperbaiki kebersihan diri, menjaga kebersihan pakaian, serta menghindari faktor risiko seperti pemakaian antibiotik yang tidak perlu juga bisa membantu mengatasi candidiasis.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%