Tampang

ASEAN University Games 2024: Merayakan Keunggulan Mahasiswa-Atlet

9 Jul 2024 14:36 wib. 298
0 0
ASEAN University Games 2024: Merayakan Keunggulan Mahasiswa-Atlet
Sumber foto: Tribunnews.com

ASEAN University Games (AUG) 2024 diadakan mulai tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024, di Surabaya dan Malang, Indonesia. AUG adalah turnamen olahraga dua tahun sekali untuk mahasiswa perguruan tinggi dari Asia Tenggara. Event selama 12 hari ini melibatkan partisipasi dari seluruh negara anggota ASEAN, termasuk Timor-Leste.

Edisi 2024 menandai penyelenggaraan ke-21 dari ASEAN University Games. Turnamen ini menampilkan 21 cabang olahraga di sembilan tempat di dua kota (Surabaya dan Malang) dan melibatkan sekitar 5.000 mahasiswa-atlet. Namun, apa sebenarnya ASEAN University Games (AUG) itu? Mari kita telusuri lebih dalam!

Sejarah

ASEAN University Games (AUG) pertama kali diselenggarakan pada tahun 1981 di Chiang Mai, Thailand. Event olahraga regional ini untuk mahasiswa perguruan tinggi diselenggarakan di bawah Dewan Olahraga Perguruan Tinggi ASEAN (AUSC). AUG bertujuan untuk mempromosikan solidaritas di antara mahasiswa di ASEAN, memberikan kesempatan bagi atlet perguruan tinggi untuk unggul dalam olahraga, serta memfasilitasi interaksi lintas budaya di antara mahasiswa di wilayah ASEAN.

ASEAN University Games 2024

Dalam edisi tahun ini, tuan rumah Indonesia keluar sebagai juara umum. Dengan kontingen 392 mahasiswa-atlet, Indonesia berhasil meraih 126 medali emas, 99 perak, dan 71 perunggu, menempatkan mereka di puncak klasemen medali. Thailand menempati posisi kedua, diikuti oleh Malaysia di posisi ketiga.

Menurut situs web resmi Pusat Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, ASEAN University Games 2024 menampilkan 21 cabang olahraga, termasuk futsal, petanque, voli, renang, tenis, basket 3x3, panjat tebing, judo, bola tangan, wushu, bridge, catur, atletik, bulu tangkis, bola basket, voli pantai, memanah, sepak takraw, taekwondo, karate, dan pencak silat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.