Tampang

Apa Bedanya Sempro dan Semhas: Perbedaan dan Pentingnya Dalam Dunia Pendidikan

16 Apr 2024 19:18 wib. 58
0 0
PendidIkan

Pendidikan tinggi di Indonesia seringkali mengadakan berbagai macam ujian, baik sempro (seminar proposal) maupun semhas (seminar hasil). Keduanya memiliki tujuan yang berbeda namun seringkali membuat kebingungan bagi mahasiswa baru. Karena itu, penting untuk memahami perbedaan antara sempro dan semhas.

Perbedaan Utama

Pertama-tama, sempro (seminar proposal) merupakan sebuah ujian yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa pada semester awal ketika mereka sedang menyelesaikan proposal penelitian. Melalui sempro, mahasiswa diharapkan bisa mempresentasikan proposal penelitiannya dan mendapat masukan dari dosen pembimbing, dosen penguji, maupun teman sejawat. Sempro bertujuan untuk membantu mahasiswa memperbaiki dan menyempurnakan proposal penelitiannya agar menjadi lebih kuat dan relevan.

Sementara, semhas (seminar hasil) adalah sebuah ujian yang dilakukan ketika mahasiswa telah menyelesaikan penelitian atau tugas akhirnya. Di dalam semhas, mahasiswa akan mempresentasikan hasil penelitiannya, meliputi metodologi, temuan, dan kesimpulan yang didapatkan. Dalam kesempatan ini, mahasiswa akan mendapat umpan balik dan pertanyaan dari dosen pembimbing serta dosen penguji untuk menguji kevalidan penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Naik Kereta Api di Zaman Now...
0 Suka, 0 Komentar, 26 Jun 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?