Tampang

Ini Lho Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

8 Okt 2022 17:14 wib. 503
0 0
Ini Lho Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Setiap ban mobil diberi indikasi TWI yang merupakan singkatan dari Tread Wear Indicator. tanda tersebut merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap di pakai, jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus diganti.

Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban. Untuk yang di tepi akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban. Jika salah satu tanda tersebut sudah dicapai, artinya itu sudah saatnya ban mobil harus diganti.

  • Ban Gundul di Tengah

Selain 3 kondisi sebelumnya yang bersifat standar umum dari pabrikan ban, beberapa kondisi lain akibat  pemakaian atau kebiasaan pengemudi juga bisa menyebabkan ban harus segera diganti. Misalnya jika terjadi ban gundul di tengah saja, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus. Jika sudah terjadi demikian, sebaiknya ban harus diganti. Karena itu artinya ketebalan ban tidak lagi seragam. Hal ini banyak dijumpai oleh bengkel penjual ban.

  • Ban Gundul di bagian Tepi atau Sisi Tertentu

Ada juga ban yang menipis pada bagian tertentu saja, misalnya hanya di tepi sisi luar, tepi sisi dalam atau bagian tertentu dari telapak ban. Banyak penyebab dari kondisi ini, antara lain:

  • Sering menggunakan ban dengan tekanan udara terlalu kecil, sehingga ban gundul di sisi-sisi luarnya saja.
  • Pembiaran pada suspensi yang rusak, sehingga daya cengkram ban ke jalan tidak rata dan ban sering memantul-mantul, hal ini bisa mengakibatkan ban aus pada sisi tertentu saja.
  • Pembiaran pada ban yang tidak sejajar (tidak dibalancing), sehingga ban aus pada bagian tepi tertentu saja.
  • Gaya mengemudi yang urakan atau agresif, menyebabkan ban habis pada sisi tertentu karena sering mengerem mendadak hingga ban bergesekan keras dengan aspal.
  • Sebaiknya hal-hal atau kebiasaan buruk di atas dihindari agar ban lebih awet, namun jika sudah terlanjur terjadi, sebaiknya ban segera diganti demi keselamatan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Bercermin Yuk!
0 Suka, 0 Komentar, 18 Jun 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?