Tampang

Sejarah dan Perkembangan Bola Voli di Dunia

4 Jul 2024 21:19 wib. 775
0 0
Bola Voli di Dunia
Sumber foto: google

Bola voli adalah salah satu olahraga paling populer di dunia, dengan jutaan penggemar dan pemain yang tersebar di berbagai negara. Olahraga ini dikenal karena dinamikanya yang cepat, keterampilan teknis yang tinggi, dan kerja sama tim yang sangat penting. Sejarah bola voli dimulai lebih dari satu abad yang lalu dan telah mengalami banyak perkembangan hingga menjadi seperti sekarang ini.

Awal Mula Bola Voli

Bola voli diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan di Amerika Serikat. Morgan, seorang instruktur pendidikan jasmani di YMCA (Young Men's Christian Association) di Holyoke, Massachusetts, ingin menciptakan permainan baru yang bisa dimainkan di dalam ruangan dan kurang menuntut fisik dibandingkan dengan basket. Awalnya, permainan ini disebut "Mintonette". Namun, setelah demonstrasi pertama permainan ini, seseorang menyarankan untuk mengganti nama menjadi "volleyball" karena gerakan utama dalam permainan ini adalah mem-voli bola.

Perkembangan Awal

Permainan ini dengan cepat menyebar ke berbagai negara melalui YMCA dan tentara Amerika selama Perang Dunia I. Pada tahun 1916, bola voli mulai dimainkan di Filipina dan segera menjadi sangat populer di Asia. Peraturan permainan mulai distandardisasi pada tahun 1920-an dan 1930-an, dengan perubahan signifikan seperti batasan jumlah sentuhan dan pengenalan sistem rotasi pemain.

Bola Voli di Olimpiade

Peningkatan popularitas bola voli membawa olahraga ini ke panggung internasional. Pada tahun 1947, Fédération Internationale de Volleyball (FIVB) didirikan di Paris, Prancis, sebagai badan pengatur internasional untuk olahraga ini. Kemudian, pada tahun 1964, bola voli resmi menjadi cabang olahraga Olimpiade di Tokyo. Pengenalan bola voli pantai sebagai cabang olahraga Olimpiade pada tahun 1996 di Atlanta semakin meningkatkan popularitas dan profil global bola voli.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Cara Tepat Merawat Kulit Kering
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jan 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?