Tampang

Perkembangan Olahraga Voli di Dunia

15 Mar 2024 16:19 wib. 425
0 0
Bola Voli

Voli merupakan olahraga tim yang dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Setiap tim berusaha memukul bola dengan tangan melewati jaring agar jatuh ke lapangan lawan. Olahraga ini umumnya dimainkan di lapangan terbuka maupun dalam ruangan. Sejarah voli dimulai pada akhir abad ke-19 hingga saat ini telah menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia.

Sejarah voli diawali pada tahun 1895 di Amerika Serikat, dibuat oleh William G. Morgan, seorang instruktur olahraga di YMCA (Young Men's Christian Association) di Holyoke, Massachusetts. Morgan menciptakan voli sebagai alternatif olahraga yang lebih ringan dan kurang cedera dibandingkan bola basket. Pada awalnya, olahraga ini dinamai "Mintonette" karena mirip dengan voli dalam tenis.

Perkembangan olahraga ini semakin pesat ketika kolonialis Amerika memperkenalkan permainan ini ke negara-negara lain. Pada tahun 1900, voli diperkenalkan ke Kanada dan selanjutnya menyebar ke negara-negara Eropa. Voli kemudian menjadi salah satu olahraga yang masuk dalam program Olimpiade pada tahun 1964 di Tokyo, Jepang.

Sejarah voli mencatat berbagai perubahan dalam aturan permainan. Pada awalnya, permainan voli dimainkan dengan sembarang jumlah pemain di setiap tim. Namun, pada tahun 1916, aturan resmi ditetapkan dengan jumlah pemain enam di setiap tim, aturan yang masih berlaku hingga saat ini. Selain itu, aturan poin yang dulunya hanya dapat mencetak poin ketika tim melakukan servis, kini poin dapat terjadi setiap saat dalam permainan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?