Tampang

Usai Bandung, Gempa Berkekuatan M3,5 Guncang Kabupaten Garut Siang Ini

18 Sep 2024 14:06 wib. 39
0 0
Ilustrasi
Sumber foto: google

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Rabu (18/9/2024) siang ini. Informasi terbaru dari BMKG mengungkapkan bahwa gempa ini memiliki kekuatan 3,5 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer. Episenter gempa berlokasi sekitar 19 kilometer di sebelah barat laut Kabupaten Garut.

Menurut laman resmi BMKG (@infoBMKG), informasi ini dikirimkan dengan tujuan utama untuk memberikan informasi cepat kepada masyarakat. Hal ini juga menjelaskan bahwa data yang mereka sampaikan masih bersifat sementara dan bisa berubah seiring dengan kelengkapan informasi yang diperoleh.

Sebelumnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, telah mengonfirmasi adanya aktivitas gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,9 yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Daryono menjelaskan bahwa gempa tersebut dipicu oleh aktivitas Sesar Garsela. Selain itu, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini memiliki parameter aktual dengan magnitudo M4,9 dan berlokasi sekitar 25 kilometer di sebelah tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?