Tampang

Siaga 'Neraka' Bocor di Sulawesi, Jokowi Lakukan Ini

4 Jul 2024 22:51 wib. 35
0 0
Siaga 'Neraka' Bocor di Sulawesi, Jokowi Lakukan Ini
Sumber foto: iStock

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengungkapkan strategi pemerintah untuk mengantisipasi gelombang panas yang diperkirakan akan melanda beberapa bulan mendatang. Salah satu langkah yang diambil adalah pemasangan pompa untuk mengairi sawah guna menjaga produktivitas pertanian.

Kunjungan kerja Jokowi ke Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan juga melibatkan pembagian pompa di kawasan pertanian Desa Jaling. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi dampak gelombang panas yang diperkirakan akan mengganggu produktivitas pertanian di wilayah tersebut.

Menurut Jokowi, kegiatan pemasangan pompa ini merupakan langkah awal persiapan menghadapi potensi kekeringan dan penurunan produktivitas beras yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem. Ia juga mengungkapkan bahwa hal ini bukan hanya menjadi permasalahan Indonesia saja, namun juga merupakan tantangan yang dihadapi oleh banyak negara akibat dampak perubahan iklim.

Selain Kabupaten Bone, Jokowi juga menyatakan bahwa pemasangan pompa juga akan diterapkan di provinsi-provinsi dengan peran penting sebagai lumbung padi, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Sulawesi Selatan. Hal ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mengamankan ketahanan pangan di tengah potensi ancaman kemarau panjang yang diperkirakan terjadi dari bulan Juli hingga September mendatang.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%