Tampang

Revolusi Industri 4.0: Peluang dan Tantangan bagi Tenaga Kerja Indonesia

2 Jul 2024 20:42 wib. 68
0 0
Tenaga Kerja Indonesia
Sumber foto: google

Peningkatan Kualitas Hidup
Dengan adanya teknologi yang lebih canggih, banyak pekerjaan yang sebelumnya memerlukan tenaga fisik kini dapat dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga kualitas hidup tenaga kerja. Mereka bisa lebih fokus pada pekerjaan yang memerlukan kreativitas dan pemikiran kritis, sementara tugas-tugas rutin dapat diotomatisasi.

Tantangan yang Harus Dihadapi

Kesenjangan Keterampilan
Salah satu tantangan utama adalah kesenjangan keterampilan antara kebutuhan industri dan kemampuan tenaga kerja. Banyak pekerja yang belum siap menghadapi perubahan teknologi ini karena kurangnya keterampilan teknis yang diperlukan. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan lembaga pendidikan untuk menyediakan pelatihan dan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri 4.0.

Pengangguran Teknologi
Kemajuan teknologi juga menimbulkan risiko pengangguran teknologi, di mana pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia digantikan oleh mesin atau sistem otomatis. Sektor-sektor seperti manufaktur, logistik, dan layanan pelanggan menjadi yang paling rentan terhadap dampak ini. Pemerintah dan perusahaan perlu bekerja sama untuk mengatasi masalah ini dengan menciptakan program pelatihan ulang dan re-skilling bagi tenaga kerja yang terdampak.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%