Tampang

Peneliti Ungkap Cara Selamat Hidup di Atas Megathrust, Catat!

14 Sep 2024 05:30 wib. 54
0 0
Peneliti Ungkap Cara Selamat Hidup di Atas Megathrust, Catat!
Sumber foto: iStock

Di bawah Pulau Jawa, terdapat lempeng samudera Indo-Australia yang menghujam ke bawah selatan Jawa, sedangkan di atasnya ada lempeng kontinental. Pertemuan antara lempeng samudra dan lempeng kontinental inilah yang disebut bidang megathrust. Rahma menekankan pentingnya pemahaman soal megathrust. Dengan begitu bisa meningkatkan kapasitas adaptasi.

Buku "Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana" terbitan BNPB, memberikan informasi mengenai cara mitigasi gempa dan tsunami. Mitigasi Gempa Bumi dimulai dari persiapan prabencana, menyiapkan rencana untuk menyelamatkan diri, melakukan latihan rutin yang bermanfaat, seperti merunduk, melindungi kepala, dan bersembunyi di bawah meja, hingga membangun konstruksi rumah yang tahan gempa. Selain itu, menjaga daerah rawan gempa bumi dan aturan penggunaan lahan dari pemerintah juga merupakan langkah penting dalam mitigasi gempa.

Selain itu, mitigasi tsunami juga merupakan hal penting dalam rangka pengurangan risiko bencana. Pelajari tanda-tanda sebelum tsunami, pantau informasi dari berbagai media resmi mengenai potensi tsunami, berlari ke tempat tinggi dan berdiam di sana sementara waktu, serta memahami wilayah tempat tinggal dan rute tercepat untuk evakuasi ke dataran yang lebih tinggi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tutorial Bermain Tenis untuk Pemula
0 Suka, 0 Komentar, 17 Apr 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?