Tampang

Mengenal Seni Tari Jaipong yang Memesona

5 Jul 2024 11:43 wib. 170
0 0
Tari Jaipong
Sumber foto: kumparan.com

Seni tari Jaipong adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang mempesona. Tarian yang berasal dari Jawa Barat ini memiliki kemegahan dan keindahan tersendiri yang mampu memikat siapapun yang menyaksikannya. Dengan perpaduan gerakan yang enerjik dan musik yang menghentak, tari Jaipong mampu menghipnotis penontonnya. Mari kita simak lebih dalam tentang keindahan seni tari Jaipong.

Tari Jaipong memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Tarian ini awalnya berasal dari tari tradisional Jawa Barat yang disebut dengan tari Ketuk Tilu. Namun, pada tahun 1961, seorang seniman bernama H. Suanda menciptakan sebuah variasi baru dari tari Ketuk Tilu yang kemudian dikenal dengan sebutan tari Jaipong. Tarian ini meleburkan unsur-unsur tari tradisional dengan pengaruh modern sehingga terciptalah gerakan yang sensual namun tetap mengandung nilai-nilai kearifan lokal.

Salah satu ciri khas dari tari Jaipong adalah gerakan yang sensual dan energik. Para penari tari Jaipong menggunakan gerakan pinggul dan perut yang lincah serta meliuk-liuk seiring dengan irama musik yang menghentak namun merdu. Kombinasi dari gerakan-gerakan tersebut menciptakan sebuah harmoni yang mempesona dan memikat. Tidak heran jika tarian ini sering dianggap sebagai simbol keindahan dan keanggunan dari budaya Jawa Barat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.