Tampang

Membangun Komunikasi yang Sehat: Orang Tua dan Remaja di Era Digital

5 Jul 2024 10:34 wib. 200
0 0
Komunikasi Keluarga
Sumber foto: mommiesdaily.com

Strategi Membangun Komunikasi yang Sehat
Memperbaiki komunikasi yang sehat antara orang tua dan anak di era digital memerlukan kesadaran akan tantangan yang dihadapi, serta kemauan untuk mencari solusi yang sesuai. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu memperkuat komunikasi keluarga di era digital:
1. Jadwalkan waktu untuk berkomunikasi tanpa gangguan teknologi. Menyediakan waktu di mana seisi keluarga dapat fokus satu sama lain tanpa gangguan dari gawai atau media sosial dapat membantu memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak.
2. Diskusikan aturan penggunaan gawai dan teknologi. Membuat aturan yang jelas mengenai penggunaan gawai di rumah dapat membantu mengurangi gangguan selama waktu yang dihabiskan bersama dan mempromosikan komunikasi yang lebih berkualitas.
3. Dorong dialog terbuka. Membangun suasana di mana anak merasa nyaman untuk berbicara tentang pengalaman online mereka, termasuk masalah atau risiko yang mungkin mereka hadapi, dapat membantu orang tua memahami dunia digital yang dihadapi remaja mereka.

Membangun komunikasi yang sehat antara orang tua dan remaja di era digital merupakan tantangan yang tak terelakkan. Namun, dengan kesadaran akan pentingnya komunikasi keluarga dan adopsi strategi yang sesuai, orang tua dapat membantu anak menghadapi tantangan yang ada di era digital dengan lebih baik. Dengan komunikasi yang efektif, orang tua dan anak dapat saling mendukung dan memperkuat ikatan emosional di tengah dinamika dunia digital yang terus berkembang.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.