Tampang

Ma'ruf Resmikan Tol Cimanggis-Cibitung 26,18 KM Senilai Rp10,6 T

10 Jul 2024 15:50 wib. 147
0 0
Ma'ruf Resmikan Tol Cimanggis-Cibitung 26,18 KM Senilai Rp10,6 T
Sumber foto: google

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jawa Barat, pada hari Selasa (9/7). Dengan peresmian ini, maka ruas jalan tol tersebut resmi beroperasi mulai hari ini.

Ma'ruf bersyukur Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini telah selesai dan siap beroperasi. Ia merinci jalan tol ini memiliki panjang 26,18 kilometer dan total investasi sebesar Rp10,6 triliun. Jalan tol ini merupakan bagian dari JORR 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek.

"Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar hanya 30-45 menit, dari sebelumnya yang menempuh 1-2 jam melalui jalan arteri," kata Ma'ruf.

Ma'ruf juga menekankan bahwa pembangunan jalan tol di Indonesia selama sembilan tahun terakhir meningkat signifikan hingga lebih dari 13 persen per tahun. Saat ini, panjang jalan tol di Indonesia telah mencapai 2.893 kilometer, yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dan Sumatra. Sisanya, berada di Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

"Pembangunan jalan tol ini tentunya cukup menggembirakan. Namun dengan luas wilayah daratan Indonesia yang mencapai kurang lebih 2 juta km persegi, penambahan pembangunan jalan tol untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah perlu terus ditingkatkan," kata Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, pembangunan jalan tol akan meningkatkan aksesibilitas ke pusat-pusat ekonomi dan kawasan industri, pertanian, hingga wisata. Hal ini penting demi mendukung keberlanjutan industri dan meningkatkan daya saing Indonesia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pasangan Pria Bau Mulut
0 Suka, 0 Komentar, 3 Jun 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?