Tampang

Konflik Meluas, Kemlu Evakuasi 25 WNI dari Lebanon

25 Sep 2024 05:13 wib. 26
0 0
Direktur Pelindungan WNI Kemlu Judha Nugraha
Sumber foto: website

Ketegangan antara militer Israel dan Hizbullah kembali meluas, memicu tindakan evakuasi dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia. Melalui Kantor Berita Indonesia Beirut, Kemlu telah meningkatkan status siaga 1 untuk semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Lebanon sejak bulan Agustus 2024.

Direktur Pelindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha, memberikan informasi bahwa saat ini terdapat 159 WNI di Lebanon. Sejak diberlakukannya status siaga 1, pihaknya telah mengfasilitasi kepulangan 25 WNI dari Lebanon. "Sejak status siaga 1 diumumkan, Kemlu dan KBRI Beirut telah berhasil mengamankan evakuasi 25 WNI dari Lebanon," ujarnya.

Namun, mayoritas WNI di Lebanon memilih untuk tetap tinggal karena alasan pribadi. "Mereka kebanyakan adalah mahasiswa dan WNI yang menikah dengan penduduk setempat," jelas Judha.

Dalam situasi konflik yang semakin meruncing, Kemlu dan KBRI Beirut kembali mengingatkan para WNI untuk meningkatkan kewaspadaan, menghindari daerah-daerah yang dianggap rawan, dan membatasi perjalanan yang tidak penting. "Bagi WNI yang berencana bepergian ke Lebanon, Iran, Israel, dan Palestina, kami menganjurkan untuk menunda perjalanan hingga situasi aman," tambahnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.