Tampang

Kemenkes Ingatkan Warga Waspadai Bakteri Kebal Antibiotik Bisa Sebabkan Kematian

19 Sep 2024 21:25 wib. 12
0 0
Kemenkes Ingatkan Warga Waspadai Bakteri Kebal Antibiotik Bisa Sebabkan Kematian
Sumber foto: website

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyoroti pentingnya kehati-hatian dalam penggunaan antibiotik karena dapat memunculkan bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Situasi ini dikenal sebagai resistensi antimikroba (antimicrobial resistance/AMR) yang berdampak pada kesulitan dalam pengobatan dan perawatan pasien.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Azhar Jaya membocorkan data resistensi antimikroba yang dilaporkan oleh rumah sakit sentinel. Data tersebut mencakup dua jenis bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

Menurut Azhar, “Data AMR di Indonesia secara khusus didapatkan dari data yang dilaporkan oleh rumah sakit sentinel yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, di mana hasil pengukuran Extended-spectrum Beta-Lactamase (ESBL) tahun 2022 pada 20 rumah sakit sentinel site sebesar 68%.” Dia menjelaskan bahwa angka ini menunjukkan peningkatan resistensi antimikroba pada bakteri jenis Escherichia coli dan Klebsiella pneumoniae.

Kedua bakteri ini dapat menyebabkan kematian dan menyerang seluruh sistem organ dalam tubuh manusia. Azhar juga menegaskan bahwa untuk memperoleh data yang mewakili Indonesia, pengukuran ESBL pada akhir tahun 2024 akan dilakukan di 56 rumah sakit sentinel yang tersebar di wilayah Indonesia barat, tengah, dan timur serta melibatkan rumah sakit milik pemerintah, pemerintah daerah, dan swasta.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?