Tampang

Kebocoran Data Membuat Ketakutan, Pelindo Mendepak Data ke Penyimpanan Cloud Swasta

4 Jul 2024 19:08 wib. 26
0 0
Kebocoran Data Membuat Ketakutan, Pelindo Mendepak Data ke Penyimpanan Cloud Swasta
Sumber foto: iStock

Perlindungan dan keamanan data telah menjadi isu yang semakin penting di tengah masyarakat. Ancaman serangan ransomware telah membuat semua pihak, termasuk PT Pelabuhan Indonesia (Persero), menjadi sangat waspada. Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, telah mengungkapkan langkah strategis perusahaan untuk mengatasi masalah keamanan data ini dengan memindahkan sebagian datanya ke penyimpanan data cloud di perusahaan swasta Amazon Web Service (AWS), demi mengantisipasi kebocoran data yang dapat merugikan perusahaan.

Arif menyatakan bahwa langkah ini dilatarbelakangi oleh pengalaman buruk yang pernah dihadapi mereka akibat serangan siber sebelumnya. "Kalau cloud relatif lebih aman karena kemarin juga kami sempat diserang," ungkapnya dalam rapat dengan Komisi VI di gedung DPR RI di Jakarta pada Selasa (2/7). Ia juga mengungkapkan bahwa pada saat merger, IT Pelindo menggunakan single sistem untuk front end, yang menyebabkan adanya kebutuhan untuk bertahap mengalihkan data ke cloud.

Selain itu, Arif juga menambahkan bahwa pemindahan data ke penyimpanan cloud bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk di masa mendatang. Ia juga menunjuk contoh serangan ransomware pada pelabuhan besar di Australia yang menyebabkan operasional terhenti. Perusahaan merasa urgensi untuk mengambil tindakan secara proaktif demi mengamankan data mereka.

Arif juga menjelaskan bahwa pihaknya berhasil meminimalisir dampak serangan ransomware ke Pusat Data Nasional (PDN) beberapa waktu lalu berkat migrasi data ke cloud. Meskipun dampak tersebut tidak dirasakan secara langsung, operasional Pelabuhan tetap berjalan dengan lancar dan aman.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

batik cirebon
0 Suka, 0 Komentar, 26 Des 2017
5 Tips Aman Berkendara Saat Mudik
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jun 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%