Tampang

Gajah Terkecil di Dunia Asli Kalimantan Terancam Punah

1 Jul 2024 15:44 wib. 46
0 0
Gajah Terkecil di Dunia Asli Kalimantan Terancam Punah
Sumber foto: google

Gajah terkecil di dunia, yang juga dikenal sebagai gajah pygmy atau gajah Borneo (Elephas maximus borneensis), merupakan salah satu dari tiga subspesies gajah Asia yang ditemukan di pulau Kalimantan. Ukurannya yang lebih kecil daripada subspesies gajah lainnya membuatnya menjadi salah satu gajah yang paling unik di dunia. Namun, kemunculan gajah terkecil ini juga dipenuhi dengan ancaman, yang mengancam keberlangsungan hidupnya di alam liar.

Gajah borneo, atau lebih akrab disebut gajah kalimantan, resmi diklasifikasikan sebagai hewan “Terancam Punah” (Endangered) oleh International Union of the Conservation of Nature (IUCN). Populasi gajah terkecil di dunia ini terus menurun akibat mengalami kerusakan habitat hingga konflik dengan manusia. Dengan penelitian dan pengklasifikasian gajah kalimantan sebagai subspesies dari gajah asia, diharapkan upaya pelestarian gajah kalimantan bisa lebih baik lagi.

Gajah terkecil di dunia, asli Kalimantan, memiliki ciri khas fisik yang membedakannya dari gajah lainnya. Tubuhnya lebih kecil, dengan tinggi rata-rata sekitar 2 hingga 2,9 meter dan berat sekitar 2 hingga 5 ton. Gajah ini juga memiliki telinga yang lebih bulat dan besar dibandingkan dengan gajah-gajah lainnya. Meskipun ukurannya yang kecil, gajah Borneo tetap memiliki ciri khas gading yang panjang dan melengkung, meskipun lebih kecil dari gajah Asia lainnya.

Gajah Borneo hidup di hutan hujan tropis Kalimantan, terutama di daerah pedalaman yang jarang dijamah manusia. Mereka merupakan hewan herbivora, yang biasanya memakan berbagai jenis tumbuhan dan buah-buahan. Namun, keberadaan mereka semakin terancam akibat hilangnya habitat akibat perambahan hutan dan perburuan liar yang tak terkendali.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Soto Ayam
0 Suka, 0 Komentar, 19 Mar 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%