Tampang

BMKG Jelaskan Dampak Langit Cerah dan Berkurangnya Awan di Musim Kemarau 2024

17 Jul 2024 20:04 wib. 136
0 0
BMKG Jelaskan Dampak Langit Cerah dan Berkurangnya Awan di Musim Kemarau 2024
Sumber foto: iStock

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan pernyataan mengenai kondisi cuaca di wilayah Indonesia, khususnya di bagian selatan yang sedang mengalami musim kemarau. Meskipun demikian, BMKG tetap memperingatkan bahwa potensi hujan dengan intensitas signifikan masih mungkin terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dalam waktu dekat.

Dalam rilis Prospek Cuaca Mingguan periode 16-22 Juli 2024, BMKG mencatat bahwa cuaca cerah mendominasi hampir di seluruh pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatra bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Sulawesi bagian selatan (sejak 3 hari hingga prospek cuaca dirilis pada 15 Juli 2024).

Pusat Meteorologi Publik BMKG menjelaskan bahwa angin dominan dari arah timur membawa massa udara kering dan dingin dari daratan Australia ke Indonesia, yang menyebabkan langit menjadi cerah sepanjang hari. Akibatnya, kurangnya tutupan awan pada malam hari dapat menyebabkan radiasi panas dari permukaan bumi terpancar ke atmosfer tanpa hambatan. Hal ini mengakibatkan penurunan suhu yang signifikan di beberapa wilayah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Masjid Umat Islam
0 Suka, 0 Komentar, 22 Mar 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?